Harga laundry kiloan yang terpampang di spanduk per kg hanya Rp 2500- Rp 3500 membuat sebagian orang heran. Mengingat modal untuk memulai bisnis laundry tidaklah sedikit seperti biaya pegawai, mesin cuci, deterjen dan lain-lain. Apakah masih bisa mendapatkan untung dengan harga laundry tersebut?
Ternyata meskipun harganya murah Anda tetap bisa mendapatkan untung asalkan mengetahui triknya. Ini merupakan psikologi marketing harga namun tetap sesuai dengan perizinan di Indonesia. Sehingga tidak ada pihak manapun yang dirugikan terutama pihak konsumen.
Ikuti trik berikut ini jika Anda ingin mencobanya, namun pisahkan terlebih dahulu jenis pelayanan jasa laundry Anda. Urutkan tarif layanan berdasarkan yang tersedia. Misalnya, cuci, kering, setrika Rp. 5.500 / kg. Setrika hanya Rp. 2.000 / kg, cuci saja Rp. 3000 / kg.
Sekarang Anda dalam spanduk piling layanan yang paling murah. Misalkan harga setrika saja, Rp 2500 / kg. Ini sebagai pemancing jika layanan laundry Anda murah. Lagi pula banyak juga ibu-ibu yang hanya mencari jasa setrika saja.
Jadi katakan bahwa tarif yang terpasang adalah setrika saja dan perlihatkan list daftar harga laundry kiloan yang lain. Misalkan untuk cuci, kering, setrika harganya berbeda. Biasanya pelanggan akan memaklumi dengan perbedaan masing-masing harga tersebut.
Biarkan pelanggan memilih parfum untuk pakaian mereka sendiri, jika ternyata ia kecewa. Ini untuk menyenangkan hati pelanggan Anda. Bisa juga dengan memberikan kartu member apabila sudah 10 kali cuci gratis 1 kali cuci. Trik ini akan membuat pelanggan bahagia dan senang.
Trik yang lain adalah dengan memberikan harga laundry kiloan lebih murah dari kompetitor namun berikan syarat minimum jumlah yang harus dicuci. Misalkan kompetitor memberikan harga Rp. 5.000/kg, Anda bisa menawarkan Rp. 4.000/kg. Namun syaratnya minimal harus 3 kg pakaian yang akan dicuci.
Jika ada pelanggan yang bertanya kenapa minimal harus 3 kg? Anda bisa menjelaskan jika kapasitas mesin cuci tersebut adalah 3 kg dalam 1 kg putaran. Sehingga baju pelanggan bisa dicuci dalam 1 kali putaran dan tidak bercampur dengan pelanggan lain.
Ini juga untuk menekan biaya listrik, deterjen dan waktu menyetrika bisa sekaligus dikerjakan. Jika pelanggan membawa pakaian di bawah 3 kg maka jumlah yang harus dibayarkan adalah tetap 3 kg. Karena ini jumlah minimal untuk pencucian setiap baju.
Biasanya konsumen akan lebih mudah memahaminya dan waktu mencuci sekaligus menunggu 3 kg agar tidak rugi dan lebih murah. Bagi pelanggan yang sering laundry di tempat Anda tentu akan senang karena biayanya lebih murah.
Yang terpenting kuncinya adalah komunikasi yang transparan dengan konsumen. Karena terkadang mereka kecewa jika kita justru diam-diam menaikkan harga laundry kiloan tanpa kesepakatan di awal. Perilaku tersebut dianggap tidak jujur dan menyalahgunakan kepercayaan pelanggan.