Instagram bisnis tentu harus menjadi platform utama yang menjadi sasaran untuk mempromosikan bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tips and trick untuk menjaga ataupun menaikkan engagement rate akun Instagram bisnis Anda agar produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan dapat semakin dikenal masyarakat luas. Dengan kekonsistenan dan kedisiplinan, ternyata Anda bisa loh mengembangkan akun Instagram Anda hanya dengan waktu 30 menit per hari. Tunggu apalagi? Yuk simak caranya di bawah ini.
Fitur feeds tentunya sudah sangat umum untuk diketahui para pengguna aktif dari Instagram. Oleh karena sebagian besar orang pasti menggunakan feeds untuk membuat unggahan sesuai branding-nya masing-masing, maka sudah hal wajib bagi para pengguna Instagram bisnis untuk mengisi kolom feeds dengan produk atau layanan yang Anda sediakan. Unggahan pada feeds tentunya beragam tergantung kesepakatan pengelola. Akan tetapi, biasanya untuk akun-akun Instagram bisnis, tata letak dan kepaduan warna atau tone adalah hal yang penting. Hal ini tentu menguji sisi kreativitas pada diri Anda untuk mengembangkan feeds.
Untuk mempermudah pengorganisasian feeds Anda, gunakanlah aplikasi organizer yang sudah banyak beredar di pasaran. Selain itu, rasanya kurang sah apabila feeds tidak dibubuhi dengan caption. Oleh sebab itu, penting untuk setidaknya membuat kerangka penulisan mengenai apa saja yang akan tertulis pada unggahan Anda.
Sama halnya dengan feeds, fitur stories ini juga menempati posisi penting untuk mempromosikan akun Instagram bisnis Anda. Pembuatan stories ini dapat dilakukan sedikit lebih sering daripada feeds Instagram, karena pada dasarnya konten yang dimuat dalam stories adalah konten-konten yang ringan, tetapi tetap tidak ketinggalan esensinya. Dengan kemudahan seperti ini, tidak perlu khawatir stories yang telah Anda buat akan hilang tak bersisa, sebab Instagram pun memiliki fitur highlights agar stories yang telah Anda buat tetap tersimpan dengan rapi.
Selain itu, agar stories tidak terlihat monoton, sekali-kali gunakanlah stories untuk bercakap-cakap dengan para followers. Dengan begitu, engagement profil bisnis Anda akan mengalami kenaikkan dan hal ini tentu sangat membantu pemasaran digital.
Baik untuk feeds maupun stories, penggunaan hashtags ini sangat penting untuk menjangkau target pasar. Melalui hashtags, Anda dapat menjangkau orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan jasa yang bisnis Anda tawarkan. Penggunaan hashtags tentu harus relevan, karena jika tidak maka sulit untuk menjangkau profil Anda. Ada sebuah tips untuk menaikkan unggahan Anda menjadi yang teratas, yaitu dengan membuat hashtags khusus bisnis Anda sendiri. Di sini, Anda dapat melakukan modifikasi, baik dari melalui challenge ataupun kolaborasi dengan influencer-influencer tertentu. Dengan begitu, satu-satunya pemilik hashtags tersebut tentunya adalah akun Instagram bisnis Anda. Orang-orang yang menggunakan hashtags tersebut di kemudian hari juga pasti akan mengetahui bahwa profil bisnis Anda lah yang mencetuskan hashtags tersebut.