Saat ini bisnis mulai berkembang pesat diberbagai sektor kehidupan kita. Banyak dari kalangan termasuk anak muda mulai berani untuk terjun langsung kedalam dunia bisnis. Namun perihal bisnis tidaklah mudah dan berjalan lancar untuk digeluti. Banyak diantara kita juga mulai merasa jenuh, pesimis, omzet menurun, bahkan sampai gulung tikar karena apa yang diharapkan tidak sesuai. Perlu adanya konsisten dan tekad yang kuat untuk menggeluti bisnis, agar semua tercapai apa yang telah diharapkan.
Di era digital saat ini sangat membantu pelaku usaha untuk menjalani bisnis. Bisnis yang berpedoman pada dunia digital akan sangat berpengaruh signifikan terhadap perkembangan terutama omzet itu sendiri. Misalnya hal seperti promosi/memasarkan suatu produk, dengan digital cakupan akan sangat luas dan mudah diakses oleh konsumen. Berikut beberapa cara agar bisnis kamu berkembang dan omzet bertambah dengan memanfaatkan era digital saat ini.
Untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha kamu, perlu adanya wadah/platform sebagai media pengenalan kepada masyarakat luas. Terlebih saat ini, jumlah pengguna internet di Indonesia sangat banyak. Berdasarkan data internetworldstats, pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada Maret 2021.
Hal ini tentu mendukung bisnis kita pada ranah digital. Selain itu penyedia layanan toko online, seperti shopee, tokopedia, lazada, grab, gojek, dan iziloh juga dapat diakses dengan mudah.
Untuk menarik minat konsumen tidak hanya menampilkan/menyajikan produk atau jasa tertentu saja. Perlu adanya inovasi kreatif, seperti membuat konten menarik digital. Kontennya pun bisa berupa gambar, video, tulisan, dsb. Untuk itu perlu adanya konten – konten yang menarik agar konsumen tertarik membaca dan melihat sehingga dengan begitu konsumen akan membeli jasa/produk kamu.
Saat ini banyak perusahaan – perusahaan yang mulai berpedoman pada digital marketing. Apalagi dalam media sosial yang sering kita lihat, banyak sekali iklan – iklan produk/jasa yang ditampilkan dilaman sosial media tersebut. Hal ini akan menarik minat banyak konsumen karena platform sosial media banyak diakses konsumen.
Setelah kamu memutuskan untuk memasarkan produk/jasa pada platform tertentu. Kamu juga harus mempelajari/menganalisis karakter konsumen. Lalu mulailah eksekusi dengan mempromosikan produk/jasa kamu. Jangan lupa kombinasikan pada point nomor 2 diatas, agar produk/jasa kamu menarik banyak minat konsumen.
Ini penting dilakukan untuk membangun kepercayaan pada konsumen. Kamu bisa membuat informasi tentang seputar produk/jasa kamu tentang keresahan mereka. Lalu kamu bisa menyediakan layanan kritik dan saran untuk konsumen.
Baca Juga : Menakar Perkembangan Bisnis Laundry Yang Semakin Pesat di Masa Pandemi
Apa itu SEO ? Apa hubungannya untuk memasarkan produk/jasa kita ? Apa keuntungan SEO untuk produk/jasa kita ? Nah sering kali pertanyaan keluar dari benak bagi pembisnis/pengusaha yang baru merintis. SEO (Search Engine Optimazation) adalah salah satu alat untuk memperkenalkan website produk/jasa kita di google agar mendapatkan peringkat pertama pada laman pencarian. SEO penting sekali dilakukan, untuk memasarkan produk/jasa pada jangkauan yang lebih luas.