Masa darurat pandemi covid-19 masih berlaku di Indonesia, bahkan sejak mulai Juli 2021 telah diterapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi naiknya angka kasus covid-19 yang terus melonjak setelah hari raya Idul Fitri lalu.
Pemberlakuan masa darurat PPKM di satu sisi sangat bermanfaat untuk menanggulangi penyebaran virus corona demi kesehatan dan keselamatan masyarakat luas secara umum. Sehingga, aktivitas maupun kegiatan di tempat umum menjadi dibatasi, serta kegiatan yang memicu terjadinya kerumunan di tempat umum akan ditertibkan demi menjaga kondusifitas dan suksesnya pelaksanaan PPKM.
Bak dua mata sisi, pemberlakuan masa PPKM juga turut membuat masyarakat jadi lebih berusaha dan kreatif agar kondisi perekonomiannya tidak terdampak parah. Sebenarnya, semenjak masa pandemi pada tahun lalu, mulai banyak orang-orang yang mencoba memulai berbagai bisnis maupun usaha agar tetap menghasilkan profit dari rumah.
Salah satunya, yakni jenis usaha makanan atau minuman yang memang terbukti tetap diminati oleh masyarakat di tengah masa pandemi. Hal tersebut terjadi karena memang pada dasarnya, makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Sehingga, usaha bisnis makanan dan minuman yang dipasarkan secara online menjadi salah satu usaha yang banyak diminati dan dicari para konsumennya.
Selain makanan, salah satu jenis usaha bisnis yang begitu diminati oleh para konsumen di masa pandemi adalah Laundry. Jasa layanan Laundry justru meningkat pesat disaat wabah pandemi melanda Indonesia, bahkan, angka permintaannya bisa naik hingga 50% lebih. Karena, pada dasarnya kebutuhan akan mencuci baju sudah memiliki nilai yang hampir sama pentingnya dengan kebutuhan makan dan minum. Sehingga memicu angka kenaikan yang sangat tinggi di masa pandemi seperti saat ini.
Tentu, tak semudah itu menjalankan usaha yang berpotensi meraih profit tinggi di masa pandemi lalu kemudian meraih laba tinggi. Ada banyak proses yang harus diperhatikan dan juga faktor penentu lainnya. Kali ini secara khusus akan dibahas mengenai salah satu faktor penentu suksesnya sebuah bisnis layanan Laundry di masa Pandemi, yakni, Promosi. Promosi untuk bisnis Laundry yang unik dan menarik di masa pandemi.
Sebelum membahas cara promosi bisnis Laundry, baiknya untuk kembali memahami lebih dahulu definisi dari Promosi itu sendiri. Promosi merupakan sebuah usaha untuk menginformasikan, menyebarluaskan, menawarkan atau bahkan mengajak siapapun orang yang menyaksikan promosi tersebut agar tertarik membeli atau berlangganan sebuah produk ataupun jasa yang sedang dipromosikan.
Tujuan lebih jauhnya jelas, yakni agar terjadi peningkatan terhadap angka penjualan ataupun naiknya angka permintaan jasa setelah melakukan promosi. Hingga kemudian, kalkulasi panjang dari promosi tersebut mampu menjadi angka-angka profit yang sangat tinggi, hingga produktivitas barang ataupun jasa bisa lebih ditingkatkan lagi untuk agenda promosi berikutnya.
Berikut ini, adalah beberapa cara unik dan efektif untuk memasarkan jasa Laundry di tengah masa pandemi :
Strategi promosi yang pertama ini hampir menyerupai iklan di TV, yakni dengan membuat sebuah konten berisi adegan yang mengandung pesan untuk mengenalkan dan mengajak para audiens agar menggunakan jasa Laundry pada Outlet yang sedang melakukan Promosi. Berhubung masa pandemi, lebih efektif bila menekankan pesan untuk menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan agar konten menjadi lebih menarik.
Cara promosi yang kedua ini terbilang efektif, yakni dengan mengendorse seorang Influencer dengan jumlah followers yang banyak untuk mempromosikan usaha Laundry anda. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat sebuah konten dimana sang Influencer yang mempresentasikan secara langsung pesan utama yang ingin disampaikan, yakni mengajak para audiens untuk mencuci pakaiannya ke tempat Laundry yang anda miliki, atas dasar beberapa kelebihan yang sebelumnya sudah anda persiapkan dan sisipkan dalam materi promosi.
Cara promosi yang satu ini lebih terbilang simple dan efisien,yakni dengan membuat pamflet digital untuk kemudian diposting di akun media sosial resmi dari usaha outlet Laundry anda. Usaha ini terbilang lebih hemat dari segi pengeluaran modal promosi, serta tetap akan menjangkau para audiens meskipun kemungkinan jumlah jangkauannya tak akan sebanyak dua strategi yang sudah dibahas sebelumnya.
Sebuah akun Instagram wajib dimiliki oleh sebuah jasa Laundry sebagai media promosi. Era digital marketing saat ini justru menempatkan media sosial sebagai salah satu instrumen terpenting dalam media pemasaran sebuah produk ataupun jasa. Fungsi dari akun Instagram ini bisa dipadukan dengan strategi pemasaran yang kedua, yakni endorse influencer. Konten video pendek yang dihasilkan dari promosi sang influencer juga bisa diposting di akun Instagram untuk menambah jangkauan audiens dalam upaya promosi jasa Laundry.
Kendati kini keberadaannya sudah tak se-hits Instagram maupun Youtube, namun, Facebook masih memiliki jumlah pengguna yang sangat tinggi. Sehingga, tingginya jumlah pengguna facebook tersebut bisa dikalkulasikan sebagai peluang untuk mendapatkan calon pelanggan baru. Singkatnya, sebuah outlet Laundry bisa membuat akun dan mempromosikannya melalui Facebook. Semisal dengan memposting konten promosinya melalui fitur postingan umum atau bahkan di grup yang berisi jumlah anggota yang besar. Maka, cara promosi layanan usaha Laundry melalui Facebook ini masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat unik dan efektif untuk menggaet konsumen baru.
Youtube dewasa ini merupakan sebuah portal ataupun situs berbagi video yang bisa memuat banyak sekali video informasi maupun hiburan didalamnya. Nah, anda sebagai pegiat usaha layanan jasa Laundry juga bisa memaksimalkan potensi Youtube sebagai media promosi jasa layanan Laundry anda dengan menyisipkan konten promosi di dalamnya. Selain membuka peluang mendapatkan pelanggan baru dari sekitar alamat outlet Laundry anda, bila memenuhi persyaratan, akun Youtube anda juga bisa dimonetisasi oleh iklan dan menjadi sumber pemasukan tambahan bagi anda.
Pada intinya, di era digital marketing saat ini, kita memang diharapkan bisa terus memaksimalkan keberadaan berbagai media sosial sebagai media untuk mempromosikan bisnis layanan Laundry yang anda miliki. Karena, terdapat banyak sekali para audiens yang berpotensi menjadi pengguna jasa layanan Laundry anda bila mampu mengemas konten promosi secara menarik dan juga relevan dengan situasi wabah pandemi yang terjadi saat ini.
Selebihnya, tentang bagaimana tips dan strategi mempromosikan jasa layanan Laundry anda di masa pandemi, anda bisa mengunjungi website Laundry World. Laundry World sendiri merupakan sebuah forum komunikasi dan koordinasi bagi para pegiat bisnis laundry untuk saling bertukar informasi dan lain sebagainya. Wadah tersebut sangat bermanfaat sekali, termasuk bagi para pemula yang hendak ingin belajar dan terjun langsung dalam usaha bisnis laundry di masa pandemi seperti saat ini. Laundry World sendiri tak hanya memungkinkan orang-orang dari berbagai wilayah di Indonesia untuk bertukar informasi dan tips penting lainnya dalam menjalankan bisnis usaha laundry, akan tetapi juga memungkinkan untuk bertemu dan belajar dari pebisnis laundry dari berbagai negara lainnya.