Lokasi yang strategis bagi tempat usaha tak hanya penting untuk kelancaran usaha itu sendiri, melainkan juga penting bagi masyarakat terutama dalam hal akses dan keterjangkauan. Berdasarkan hal tersebut, berikut adalah kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk memilih lokasi usaha.
Selanjutnya, selain tingkat kepadatan penduduk dan penghasilan masyarakat setempat, perlu juga diketahui bagaimana laju keramaian kendaraan yang ada di sana. Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa memperkirakan kira-kira siapa sajakah subjek yang bisa menjadi konsumen langsung dari usaha yang Anda tawarkan.
Tak hanya itu, jika Anda memutuskan untuk menyewa bangunan, perhatikan pula harga sewanya dan dana yang Anda miliki. Jangan memilih bangunan di luar budget yang Anda sediakan. Pilihlah bangunan yang sesuai atau sedikit di bawah budget Anda agar masih tersedia dana darurat yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu.
Baca juga: Wow ! 4 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Untuk Usaha Laundry
Dilansir dari stiebp.ac.id, lokasi usaha dengan tingkat kompetitor yang rendah juga bisa menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan. Semakin minim kompetitor, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mengembangkan usaha di sana.
Di luar aspek lokasinya itu sendiri, kondisi keamanan di wilayah yang dipilih juga perlu diperhatikan. Hal ini berhubungan pula dengan kenyamanan dan keamanan konsumen di kemudian hari. Semakin tinggi tingkat keamanan, maka semakin besar pula tingkat kenyamanan konsumen. Terakhir, perihal perizinan adalah hal yang harus diperhatikan. Perlu diingat, jangan sampai ketika usaha Anda telah berkembang dengan baik, terpaksa harus gulung tikar akibat permasalahan perizinan.