Sebelum memulai bisnis laundry, sebaiknya tentukan target market Anda terlebih dahulu. Agar bisnis laundry Anda tepat sasaran, ketahui bagaimana cara menentukan target market yang tepat. Target market ini erat kaitannya dengan siapa saja segmen pelanggan bisnis laundry Anda. Nah, dari sini kamu dapat menentukan segmen manakah yang cocok dengan karakteristik bisnis laundry Anda.
Segmentasi ini ditentukan berdasarkan geografi atau tempat tinggal calon pelanggan. Anda dapat menentukan dari lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi dan wilayah di mana calon pelanggan Anda tinggal.
Dengan menentukan target market berdasarkan geografi, maka erat kaitannya dengan karakteristik bisnis laundry Anda. Misalnya, pelanggan yang tinggal di wilayah elit, akan berbeda dengan pelanggan yang tinggal di wilayah perkantoran dan pemukiman padat.
Langkah selanjutnya adalah segmentasi berdasarkan demografi. Untuk segmentasi ini dibagi berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan. Contohnya adalah target market bisnis laundry Anda perempuan berbeda dengan target market laki-laki. Ini berlaku bagi Anda yang ingin mengkhususkan hanya target market tertentu. Namun, terkadang ada pemilik laundry tidak ingin menentukan secara spesifik target market mereka.
Untuk segmentasi berdasarkan psikologis didasarkan pada kepribadian, gaya hidup dan kelas ekonomi. Selain itu, gaya hidup melibatkan nilai, minat, kepercayaan dan sebagainya. Melalui segmen ini merepresentasikan brand image yang ingin dibangun. Sebagai contoh target market bisnis laundry Anda adalah pelanggan dengan kelas ekonomi menengah atau menengah ke atas, maka brand image yang akan dibangun adalah laundry untuk kelas tersebut.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menentukan target market bisnis laundry Anda.