Entrepeneur tentunya memiliki kualifikasi tertentu yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan profesi lainnya. Kualifikasi tersebut biasanya didukung oleh sifat-sifat tertentu yang membuat mereka semakin berkembang menjadi pribadi yang tangguh setiap harinya. Lalu, apa saja sih sifat-sifat yang biasanya dimiliki para entrepeneur ini? Yuk kenali melalui uraian di bawah ini!
Sifat pertama yang harus dimiliki oleh para entrepeneur adalah percaya diri. Kepercayaan diri ini sangat dibutuhkan, sebab selain membangun sebuah bisnis diperlukan keyakinan yang kuat, kepercayaan diri ini dibutuhkan untuk mengembangkan rasa kepemimpinan. Menjadi entrepeneur, berarti harus siap memimpin dan siap memberikan contoh kepada para partner ataupun karyawan. Selain itu, kepercayaan diri ini juga dibutuhkan agar tidak terus bergantung terhadap orang lain dan meyakini sepenuh hati bahwa usaha yang dijalankan akan berhasil.
Masih berhubungan dengan kepercayaan diri, sifat berani mengambil risiko ini dapat menunjukkan bahwa seorang entrepeneur tidak takut mengalami kegagalan. Dengan keberaniannya dalam mengambil risiko ini, meskipun pada akhirnya usaha yang mereka lakukan mengalami kegagalan, mereka tidak akan langsung menyerah. Mereka pasti akan mencoba lagi, sebab pada kenyataannya tidak ada usaha yang benar-benar berhasil dalam sekali coba, kecuali ada satu dan lain hal yang telah ada sejak awal.
Tak hanya berani mengambil risiko tanpa membaca atau menganalisis peluang, seorang entrepeneur harus memiliki kompetensi dalam membaca peluang. Ide-ide yang kreatif dan inovatif ini sangat diperlukan, sebab semakin unik bisnis yang ditawarkan, semakin kecil pula kompetitor dan semakin besar pula peluang untuk usahanya menjadi pelopor bagi bisnis-bisnis selanjutnya. Kemampuan membaca peluang ini juga harus ditunjang dengan riset pasar yang jelas dan akurat.
Dengan memiliki kemampuan membaca peluang, maka sudah seharusnya diiringi dengan pemikiran yang berorientasi ke masa depan. Pemikiran berorientasi masa depan ini di antaranya terkait dengan aspek-aspek kebermanfaatan terhadap masyarakat secara umum dan target pasar secara khusus. Dengan berorientasi ke masa depan, diharapkan produk-produk usaha yang ditawarkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan memberikan hasil yang maksimal.
Tak hanya berhenti di situ, setelah memiliki empat kriteria sebelumnya, penting bagi para entrepeneur untuk berkomitmen terhadap apa yang telah dimulai. Komitmen ini disandingkan pula dengan pertanggungjawaban terhadap segala risiko yang telah diambil, termasuk dampaknya baik positif dan negatif. Dengan berkomitmen dan bertanggung jawab, diharapkan bisnis yang akan dikembangkan tidak akan kehilangan kendali dan dapat terus berkembangan dengan baik.
Kira-kira kamu sudah memiliki sifat-sifat di atas belum nih? Kalau belum jangan berkecil hati ya, sebab semua itu diperoleh juga melalui proses yang tidak sebentar. Intinya yakin dan percaya saja terhadap kemampuan yang dimiliki ya!