Dalam menggeluti usaha landur harus memperhatikan karatker pelanggan agar penilaian terhadap pelayanan publik meningkat dan mendapat kepercayaan. Dilansir dari pewangilaundry.co.id, namun untuk meningkatkan rasa kepercayaan dan jumlah pelanggan, ada hal yang harus kamu pahami dan perhatikan yaitu mengetahui karakter pelanggan. Pelayanan yang masksimal saja belum tentu menghasilkan penjualan, apalagi pelayanan yang seadanya. Ada berbagai karakter pelanggan dengan berbagai keunikan yang akan kamu temui.
Karakter pelanggan ini bisa dibilang sangat paham mengenai laundry. Kualitas laundry kamu mungkin akan mengalami penurunan kepercayaan, jika kamu tidak memahami secara penuh seputar laundry, khususnya pada deterjen yang digunakan dan mesin cuci. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya :
Pelanggan seperti ini tentu akan sangat minim berinterkasi dan hanya butuh proses pencucian berjalan cepat. Tapi untuk menciptkan suasana baik dan tingkat kepercayaan terhadap pelanggan Less talk more action, mungkin itulah semboyan untuk karakter ini. Berikut cara mengatasinya
Dalam hal ini tentu kamu akan merasakan kejengkelan didalam hati. Karakter pelanggan ini cenderung lebih suka berbicara dan terlalu bangga apa yang telah ia capai dan terkadang mudah tersinggung. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan cara ini :
Baca Juga : Penting ! Jangan Terima 4 Sifat Karyawan Laundry Seperti Ini
Karakter pelanggan ini adalah orang yang terlalu memperhitungkan untung rugi dan memanfaatkan setiap hal yang akan dibelinya. Pelanggan ini sangat teliti tentang jasa/produk yang ditawarkan, apakah dapat bermanfaat dalam jangka panjang atau tidak dengan budget yang dikeluarkan. Berikut cara mengatasinya :
Berikut adalah beberapa tips tentang cara menghadapinya:
1. Siapkan data dan selesaikan perhitungan untuk setiap produk
2. Mengkomunikasikan keunggulan dan keistimewaan masing-masing produk kepada konsumen
3. Jangan abaikan perhitungan produk, bahkan perhitungan sepele.
4. Jangan pernah mengabaikan manfaat dan keistimewaan suatu produk, sekecil apapun.
Jenis konsumen ini sangat menjengkelkan, karena pelanggan ini selalu berbicara hal yang tidak penting. Bahkan, tidak jarang mereka mengenal kamu dan dekat dengan kamu. Sangat mudah untuk berbicara dengan mereka dengan cara yang santai dan ramah. Terkadang mereka terlalu banyak bicara, tapi itu tipe konsumen yang berisik.
Ada beberapa hal yang perlu diingat saat berkomunikasi dengan orang seperti ini:
1. Jadilah pendengar dan biarkan pelanggan kamu berbicara.
2. Ikuti alur mereka sampai batas tertentu. Selanjutnya, putar alur percakapan sesuai keinginan Anda.
3. Jangan ragu untuk mengatakan “Bisakah saya bicara sekarang?”