Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya melakukan riset pasar, supaya usaha atau bisnis yang sedang dibangun mencapai visi dan misi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang berhasilan usaha/bisnis kamu.
Riset pasar akan membantu menguji sejauh mana usaha kamu dalam memenuhi kriteria sebagai bisnis laundry. Hal ini dapat membantu kamu mengetahui karakter – karakter dari konsumen dan respon dari usaha laundry kamu. Sehingga kamu dapat mengembangkan konsep marketing mix yang sesuai. Dengan demikian, langkah ini dapat mengendalikan risiko yang mungkin muncul saat memperkenalkan produk baru.
Riset pasar memang digunakan sebagai menganalisis dan mengevaluasi kinerja dan pelayanan dari bisnis laundry. Dengan begitu kita akan membentuk pola – pola atau gebrakan baru yang dapat meningkatkan mutu kinerja dan pelayanan bisnis/usaha.
Baca Juga : Wow ! Ingin Omzet Puluhan Juta ? Ini dia 5 Langkah Digital Marketing Yang Harus Kamu Kuasai
Saat ini perasaing pasar sudah bukan lagi skala lokal/mikro, melainkan sudah masuk pada tahap global/makro. Kebutuhan konsumen semakin sulit untuk diprediksi. Segmentasi pasar semakin sulit dilakukan di pasar yang sangat luas. Inilah pentingnya riset, dengan begitu kamu akan menyusun strategi secara matang dengan mengetahu karakteristik para konsumen.
Riset ini memberikan informasi tentang pangsa pasar, jenis persaingan, kepuasan pelanggan, kinerja penjualan, dan saluran penjualan. Informasi ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah perusahaan.
Baca Juga : Hati – hati ! Inilah 5 Kesalahan Umum Pebisnis Laundry
Itulah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum kamu terjun kedalam dunia bisnis apapun, khususnya dalam bisnis laundry dan jangan lupa juga selalu memanfaatkan media – media digital, seperti marketplace. Baru – baru ini juga terdapat beberapa aplikasi marketplace yang menyediakan layanan laundry, yaitu Iziloh. Di aplikasi ini kamu juga berkesempatan untuk mengembangkan bisnis laundry kamu.