Pada artikel sebelumnya telah diulas mengenai lima cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan klien. Nah, di bawah ini adalah lanjutan dari cara-cara tersebut yang tentunya sangat mudah untuk dipelajari sebelum kemudian direalisasikan.
6. Memahami Tren
7. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Klien Baru
Selain membangun komunikasi yang baik dengan konsumen yang loyal, dibutuhkan pula komunikasi yang baik dengan konsumen yang baru atau bahkan klien yang belum pernah mencoba untuk menggunakan produk atau layanan jasa Anda. Anda dapat mengirimkan surel kepada mereka mengenai penawaran yang Anda miliki dan menunggu tanggapan dari mereka. Dari sini, mungkin Anda dapat menanyakan alasan-alasan apa saja yang membuat orang tersebut belum mencoba menggunakan produk atau layanan jasa Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi yang mendalam dan melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan tanggapan dari orang-orang tersebut.
8. Melakukan Follow-Up secara Berkala
Bagi klien yang telah lama bergabung Bersama Anda, di waktu-waktu tertentu Anda dapat melakukan follow-up kepada mereka terkait bagaimana perasaan mereka terkait produk atau layanan jasa Anda, kemudian juga biarkan mereka memberikan suatu kritik dan saran yang tentunya saling membangun.
Baca juga: Cara Efektif untuk Mendapatkan Klien (Bagian 1)
9. Gunakanlah Ads dari Media Sosial
Saat ini, platform-platform media sosial banyak menyediakan fitur berupa layanan iklan berbayar. Biasanya bagi sebuah profil bisnis, hal ini tentu merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini karena jangkauan dari ads-ads tersebut lebih luas dan memiliki algoritma-algoritma tertentu. Untuk itu, salah satu fitur ini dapat Anda coba untuk menggaet klien.
10. Menggunakan E-Mail List
Alamat e-mail adalah hal yang cukup penting selanjutnya untuk menjalin komunikasi bersama para klien. Akan tetapi, selain sebagai cara untuk menjalin komunikasi, e-mail dapat Anda gunakan sebagai tempat update bagi perkembangan atau produk maupun layanan baru yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, jika dalam website bisnis Anda terdapat fitur subscribe, maka alamat e-mail klien yang digunakan untuk men-subscribe website Anda dapat menjadi hal yang bagus. Hal ini karena bisa saja setiap orang memiliki keengganan untuk memeriksa website setiap saat, tetapi dengan e-mail list yang didapatkan dari proses subscribe tadi dapat membuat klien tersebut selalu menerima notifikasi dari Anda. Jadi, dari sini secara berkala pasti mereka lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang produk atau layanan jasa terbaru tanpa harus repot-repot membuka ulang website.