Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memilih influencer yang tepat bagi bisnis Anda adalah melalui jumlah followers. Melalui jumlah followers, Anda bisa melihat seberapa berpengaruhnya ia bagi masyarakat. Selain itu, penting juga untuk mengecek apakah followers mereka aktif atau hanya sekadar followers berbayar. Jika mereka meningkatkan followers dengan cara membelinya dan bukan dari pengguna aktif, maka besar kemungkinan promosi bisnis Anda tidak berhasil.
Dilansir dari iziloh.com, meskipun jumlah followers banyak, bukan berarti para influencer ini otomatis memiliki engagement yang bagus. Oleh sebab itu, pemeriksaan engagement secara berkala atau meminta dokumen yang berisi grafik engagement ini sangat penting.
Baca juga: Kamu Wajib Tahu! Begini 5 Tips untuk Membaca Peluang Usaha
Selain dari aspek sosial medianya itu sendiri, Anda juga perlu mengkaji apakah influencer yang diharapkan memiliki fokus bidang yang selaras dengan bisnis yang sedang Anda jalankan atau tidak. Dengan begitu, Anda juga dapat langsung menjangkau audience yang pas bagi bisnis Anda.
Tentunya, Anda ingin bisnis yang Anda jalankan memiliki citra yang baik di masyarakat bukan? Nah, untuk itu influencer yang sekiranya akan Anda ajak bekerja sama dalam bisnis sebaiknya juga memiliki track record karier yang baik. Oleh sebab itu, sebaiknya bentuklah tim untuk melihat bagaimana kinerja mereka selama beberapa tahun.