Hal pertama yang dapat digunakan untuk membangun lingkungan kerja yang baik adalah dengan menciptakan budaya kerja yang positif dan produktif. Langkah awal untuk melakukan hal ini adalah dengan menentukan goals bersama. Dengan adanya goals yang ingin dituju, maka keseluruhan tim akan terpacu untuk mencapai tujuan tersebut bersama-sama. Selain itu, kesolidan dalam tim pun harus dipupuk agar tidak terjadi miss komunikasi antara satu sama lain. Hindari untuk mencari masalah dengan sesama anggota perusahaan. Jika terjadi permasalahan baik internal maupun eksternal, usahakan untuk segera mencari solusinya agar masalah tersebut tidak menganggu kinerja masing-masing individu selama periode kerja.
Dilansir dari iziloh.com, keterbukaan sikap ini diperlukan agar jika suatu saat terdapat kekeliruaan atau gangguan dalam pekerjaan antar anggota perusahaan pun dapat saling membantu. Perilaku terbuka ini juga dibutuhkan agar setiap masalah yang ada dapat diketahui pula alasannya, akankah menganggu fungsi perusahaan secara utuh ataupun tidak.
Baca juga: Wow! Ini Dia 5 Cara Memberikan Citra Bisnis yang Baik
Selain sikap yang terbuka, sikap saling menghargai pun dibutuhkan untuk menjaga satu sama lain dari hal yang menyinggung atau istilah jaman sekarang adalah no hard feelings. Saling menghargai di sini artinya saling menghargai waktu, tugas, dan masalah personal. Sebaiknya, permasalahan personal harus bisa berada pada porsi yang berbeda ketika telah memasuki wilayah dan jam kerja.
Siapa yang tidak senang dengan lingkungan yang bersih? Tentu kita semua nyaman bukan jika work environment bersih dan rapi. Oleh sebab itu, meskipun hal-hal terkait kebersihan sudah menjadi tugas para petugas kebersihan, sebagai penghuni kantor pun sebaiknya kita juga turut menjaga kebersihan.