Saat ini, mungkin banyak orang berpikir bahwa menjalankan sebuah strategi marketing melalui Facebook tak lagi efektif dan berguna. Akan tetapi, di balik stigma tersebut kita mungkin tidak menyadari bahwa ada banyak orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap bisnis Anda. Oleh karena komunitas atau grup-grup yang disediakan oleh Facebook ini cenderung memiliki ratusan hingga ribuan anggota di dalamnya, maka untuk memanfaatkan peluang tidak ada salahnya turut membangun ekosistem yang baik melalui Facebook. Baik secara langsung maupun tidak langsung, pasti Anda akan merasakan dampaknya, karena Facebook adalah salah satu jalan terbaik untuk mencari klien serta membangun bisnis.
Tentunya kita tahu bahwa preferensi orang untuk mencari informasi itu berbeda-beda tergantung kebutuhan mereka dan jenis konten apa yang mereka sukai. Akan tetapi, tentu tidak ada salahnya jika bisnis yang Anda kembangkan mencoba segala strategi untuk melakukan pengenalan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, membuat konten berupa infografis ataupun artikel melalui blog yang telah Anda miliki dapat Anda pilih sebagai salah satu jalan. Dalam konten tersebut, jika Anda bergelut dalam bisnis laundry, maka konten-konten yang Anda unggah hendaklah yang relevan dengan bisnis laundry Anda. Sebagai contoh, Anda dapat membahas mengenai cara menghemat energi dalam usaha laundry, bagaimana cara melaundry pakaian yang baik dan benar, rekomendasi deterjen, dan lain sebagainya.
Jika Anda mendapatkan klien yang baik dan begitu menyukai produk atau jasa yang Anda berikan, maka di sinilah Anda harus lebih aware terhadap hal tersebut. Meskipun bukan berarti klien ini “dispesialkan,” setidaknya Anda perlu memberikan reward berupa kupon potongan harga ataupun benefit-benefit lain yang sekiranya menguntungkan kedua belah pihak. Melalui pemberian reward ini, Anda akan memeroleh keuntungan berupa semakin besarnya kepercayaan klien dan klien juga akan memeroleh keuntungan berupa kehematan dalam bertransaksi.
Baca juga: Wow! Ini Dia 5 Cara Memberikan Citra Bisnis yang Baik
Pada setiap bisnis, tentu profil bisnis yang terdapat di media sosial memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis Anda. Oleh sebab itu, interaksi-interaksi di media sosial sangat diperlukan agar hubungan antara pelaku bisnis dan klien dapat berjalan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan QnA (Questions and Answer) untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait hal-hal yang mungkin tidak diketahui oleh klien. Interaksi kecil-kecilan seperti ini selain membantu untuk mengeratkan hubungan jual beli juga dapat meningkatkan engagement pada profil bisnis Anda.
Hal ini susah-susah mudah untuk dilakukan mengingat menemukan sosok yang loyal dan berelasi besar dalam sekali waktu adalah hal yang cukup memberikan tantangan. Akan tetapi, jika menunggu terus-menerus kedatangan atau kunjungan kedua kalinya mungkin akan dua kali lipat lebih sulit. Oleh sebab itu, tidak salahnya bagi Anda untuk menghubungi pihak tersebut terlebih dahulu. Selain dapat membantu meningkatkan popularitas bisnis Anda, menjalin kerja sama dengan klien yang seperti ini tentu akan turut memicu Anda untuk mengembangkan ide-ide bisnis lainnya. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi agar produk atau layanan jasa yang Anda berikan dapat dilirik dan dibutuhkan banyak orang.