Sebagai pemilik bisnis, termasuk bisnis laundry, pastinya keluhan pelanggan menjadi masalah yang sangat besar. Pelanggan adalah raja, tertanam erat dalam benak pemilik bisnis. Untuk itu, bila ada keluhan pelanggan maka harus ditangani dengan baik. Atasi keluhan pelanggan dengan cara ini yuk!
Adanya keluhan pelanggan berarti ada sistem dalam bisnis Anda, termasuk bisnis laundry yang harus diperbaiki. Janganlah memandang keluhan pelanggan sebagai sesuatu yang negatif, tetapi ambil segi positifnya. Karena itu, jadilah pendengar yang baik ketika pelanggan mengeluarkan keluhan mereka.
Berikan empati ketika mendengar keluhan pelanggan. Dengan cara ini dapat mengurangi emosi pelanggan yang sedang tersulut emosi.
Sebagian besar pelanggan komplain dengan emosi. Sebaiknya jangan terpancing emosi. Tetaplah bersikap tenang ketika menghadapi keluhan pelanggan.
Tanggapan yang tepat saat menangani keluhan pelanggan sangatlah dibutuhkan agar pelanggan merasa dihargai. Untuk itu, jangan segan untuk meminta maaf walaupun pelanggan tersebut dalam kondisi emosi.
Komplain pelanggan memang membuat stress, bahkan frustasi. Namun, tetaplah bertanggung jawab terhadap komplain tersebut. Jangan mengalihkan komplain tersebut kepada rekan yang lain. Bersikaplah bertanggung jawab, sepahit apa pun keluhan pelanggan tersebut!
Ketika ada keluhan pelanggan yang dibutuhkan adalah solusi yang cepat dan tepat. Bila keluhan tersebut bisa ditangani dengan cepat dan tepat, tentulah pelanggan merasa puas. Jangan sampai menggantung keluhan pelanggan tanpa memberikan solusi apa pun.
Keluhan pelanggan merupakan masukan agar bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan baik. Karena itu, catat history keluhan pelanggan.
Keluhan pelanggan memang menjadi aspek yang sangat ditakuti oleh para pelaku bisnis, termasuk bisnis laundry. Cara di atas dapat Anda lakukan agar keluhan pelanggan diatasi dengan baik.