Hal pertama yang tidak boleh luput saat mempertimbangkan untuk membangun bisnis adalah memeriksa dan menyiapkan apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan lisensi dan pendaftaran. Kemungkinan besar, dalam suatu bisnis pasti akan ada pajak penjualan. Oleh sebab itu, perlu untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang sesuai.
Selain menyiapkan keperluan administrasi, Anda juga perlu melakukan riset dan pencatatan yang berkaitan dengan target pasar, anggaran dana, serta jangkauan lokasi atau rumah Anda dari tempat tinggal target pasar. Hal ini dibutuhkan agar sebelum membuka bisnis secara resmi Anda telah mendapatkan gambaran tentang plus minus ataupun tantangan apa saja yang sekiranya akan dihadapi.
Anda juga harus memikirkan tentang bagaimana metode pembayaran yang akan Anda terapkan. Apakah layanan laundry yang diberikan harus dibayar sebelum Anda melakukan laundry atau setelah pakaian selesai di laundry adalah hal yang harus dipikirkan agar meskipun laundry Anda tergolong baru, tetap dapat dilihat sebagai laundry professional. Selain itu, Anda juga harus mampu membaca pasar. Biasanya, orang-orang saat ini lebih memilih untuk menggunakan metode pembayaran non-tunai. Oleh sebab itu, kemungkinan-kemungkinan mengenai metode pembayaran ini harus dipikirkan agar antara penyedia jasa dan konsumen tidak saling kesulitan saat bertransaksi.
Baca juga: Wow! Cashless: Bentuk Kemajuan Teknologi dan 5 Efektivitasnya
Beberapa orang menganggap mungkin pembuatan website bagi usaha laundry adalah hal yang tidak dibutuhkan. Akan tetapi, website sebenarnya sangatlah dibutuhkan, terutama di era digital ini. Di dalam website, Anda dapat membubuhkan informasi mengenai lokasi, harga, dan penawaran atau diskon menarik. Hal ini tentu saja memudahkan konsumen untuk mengenal laundry Anda.
Oleh karena saat ini segala aspek kehidupan sebagian besar dijalankan melalui gadget, maka strategi pemasaran digital perlu untuk dipersiapkan juga. Strategi pemasaran digital dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai platform gratis juga berbayar atau premium. Hal ini tentu bergantung kepada preferensi Anda dalam memilih sarana yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki modal lebih, maka platform atau layanan iklan berbayar dapat Anda pertimbangkan untuk memperluas jangkauan pasar Anda.
Meskipun saat ini eranya adalah online marketing, tetapi bukan berarti offline marketing tidak bisa dijadikan opsi. Bentuk-bentuk offline marketing tentu bermacam-macam. Namun, beberapa hal yang dapat dilakukan dengan modal yang terbatas adalah membuat brosur, kartu nama, dan banner. Meskipun jangkauannya mungkin tidak seluas online marketing, tetapi sedikit banyak metode ini dapat membantu untuk mengenalkan bisnis laundry Anda.
Nah, setelah enam langkah membuka bisnis laundry rumahan telah siap, selanjutnya adalah melakukan grand opening. Grand opening ini dapat diawali dengan pemberian diskon bagi konsumen awal, sehingga selanjutnya bisnis Anda dapat menjadi langganan bagi mereka, tentu dengan catatan jika pelayanan yang Anda berikan sangat baik dan membuat konsumen berminat untuk menggunakan jasa Anda lagi.